Saturday, October 10, 2009

Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik

Mudik merupakan salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang yang ingin pulang ke kampung halamannya pada saat liburan panjang atau menjelang hari raya. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan sebutan “Pulang Kampung”. Mereka nantinya akan bisa bertemu, melepas rindu dan bersilahturahmi dengan sanak saudaranya di kampung halaman tercinta.

Bagi pemudik pasti memiliki rasa kekhawaritan terhadap rumah yang ditinggalkannya. Mereka takut rumahnya nanti dinasuki oleh maling/pencuri. Itu sebabnya orang-orang yang ingin mudik melakukan persiapan yang khusus agar rumah yang ditinggalkannya dalam keadaan aman. Untuk itu, berikut beberapa tipsnya:

1. Sebaiknya meletakkan atau menyimpan barang-barang berharga seperti uang, perhiasan di tempat yang dianggap aman, sulit dijangkau oleh orang lain, dan dikunci. Bila perlu barang-barang penting tersebut disimpan di bank agar lebih aman.
2. Menitipkan rumah pada tetangga terdekat dan melapor ke pengurus RT/RW setempat, untuk disampaikan ke petugas keamanan agar dilakukan upaya pengamanan extra.
3. Tinggalkan nomor telp/hp Anda pada tetangga terdekat supaya bisa dihubungi apabila ada hal-hal terjadi yang tidak diinginkan.
4. Sebelumnya beritahu kepada tetangga ataupun petugas keamanan apabila ada orang yang menunggu atau mengontrol rumah Anda supaya tidak terjadi kesalahpahaman.
5. Pastikan pintu rumah, jendela, pintu pagar dan lain-lain terkunci. Dan periksa kembali semua pintu dan jendela tersebut pada saat akan meninggalkan rumah.
6. Pastikan arus listrik yang tidak diperlukan serta kompor telah dimatikan/dipadamkan.
7. Beri pengaman tambahan untuk kendaraan yang ditinggalkan.
8. Pasang alat tambahan seperti alarm pada rumah Anda untuk mencegah masuknya pencuri. Bila perlu pasang kamera CCTV.
9. Sebaiknya jangan meninggalkan rumah dalam keadaan kotor dan berantakan, agar nanti setelah kembali ke rumah, Anda bisa langsung beristirahat dengan nyaman dan bersih [Tambahan :-p].

Semoga tips tersebut bermanfaat.

Selamat Mudik dan Hati-hati di jalan ^_^


2 comments:

  1. Ditunggu tips-tips berikutnya ^_^

    ReplyDelete
  2. makasi cc..
    smoga bermanfaat bwt saiia yg mo mudik taun dpn..
    ditunggu tips berikutnya..
    ^^

    ReplyDelete