Monday, March 22, 2010

Etika ber-Chatting

Chatting adalah salah satu fasilitas dalam internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi yang diberikan bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Misalnya, Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada teman anda yang sedang online, kemudian teman anda tersebut membalas pesan Anda dengan teks atau suara pula, demikian seterusnya. Nah... kegiatan saling mengirim dan membalas pesan menggunakan internet itulah yang disebut sebagai chatting. Chatting biasanya populer di kalangan remaja, tetapi sekarang orang dewasa bahkan orang tuapun menggunakan fasilitas ini untuk berkomunikasi.

Sama halnya dengan komunikasi secara langsung (tatap muka), dalam berkomunikasi lewat chatting kita juga harus mengetahui yang namanya etika. Etika atau sopan santun dalam berchatting harus kita biasakan, agar bisa tercipta suasana yang nyaman dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam melakukan chatting. Berikut etika yang harus diperhatikan dalam berchatting, antara lain :
  1. Perhatikan tata krama yang baik. Gunakan bahasa yang sopan, tidak mengandung unsur porno (tidak vulgar).
  2. Hindari penggunaan huruf kapital karena itu biasanya menunjukkan teriakkan atau kemarahan. Kecuali, jika ingin menunjukkan kemarahan yang tidak bisa terkendali atau memperingatkan.
  3. Hindari penggunaan warna yang berlebihan. Gunakan warna dan efek lain hanya untuk keperluan tertentu. Misalnya saja, dalam penggunaan font sebaiknya jangan gunakan font warna merah karena akan memberikan kesan yang kurang baik. Begitu pula dengan ukuran font, jangan terlalu besar tetapi juga jangan terlalu kecil karena itu akan menyulitkan orang yang membaca isi pesan kita.
  4. Alangkah baiknya jika pada saat perjumpaan kita ucapkan salam, misalnya : "Selamat siang, Hai, Halo, Apa kabar?", agar dapat menambah keakraban. Dan jika ingn mengakhirinya, bisa dengan : "Selamat tinggal, Bye, Sampai ketemu lagi". Usahakan jangan langsung ke dalam pokok pembicaraan.
  5. Jangan melakukan BUZZ secara terus-menerus, kecuali untuk hal-hal yang sangat diperlukan untuk dimintai perhatiannya.
  6. Pasang status jika tidak mau diganggu oleh teman chat kita. Misalnya : bussy, don't disturb, atau tidak bisa diganggu.
  7. Jangan terlalu lama membalas pesan dari lawan chatting anda. Karena mereka tidak akan suka jika harus menunggu terlalu lama, jika anda sedang sibuk,katakan sedang sibuk agar mereka merasa tidak dicuekin.
  8. Atau jika Anda ingin ke kamar mandi, sedang makan, sholat, atau sedang pergi, jangan lupa untuk pamit terlebih dahulu, agar teman yang kita ajak ngobrol, tidak merasa dicuekin.
  9. Jika lawan bicara anda sudah tidak mau lagi mengobrol, jangan paksakan kehendak. Karena mereka akan langsung berpikir negative tentang anda.
  10. Jika Anda salah masuk room dengan topik obrolan yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.

Itulah beberapa etika dalam melakukan chatting. Tentunya selain uraian yang di atas, masih banyak etika yang lainnya. Sebenarnya intinya cuma satu, berkomunikasilah dengan cara yang baik. Semoga bermanfaat. Happy Chatting yah :)

Refrensi :
http://ecom-net.co.cc/archives/14
http://arkden.blog.friendster.com/2008/12/etika-dalam-ber-chatting/

No comments:

Post a Comment