Friday, April 16, 2010

Profesi IT

Pada postingan sebelumnya, di sini, saya membahas mengenai definisi Profesi. Sedangkan beberapa jenis Profesi dikelompokkan dalam 6 kelompok profesi yang meliputi :

  • Pengacara,
  • Akuntan,
  • Profesional Services,
  • Personal Computer Services,
  • Tourism Services dan
  • Medicine Servies.

Profesi IT berati suatu kegiatan atau pekerjaan yang memiliki keahlian atau keterampilan di bidang teknologi informasi. Apa saja sih kegiatan atau pekerjaan dalam bidang teknologi informasi??
Berikut adalah beberapa di antaranya :

  1. Programmer (Pemrogram) : "A programmmer or software developer is someone who program computers, that is, one who writes computer software". (wikipedia).
  2. System Analist (Analis Sistem) : Suatu sistem akan dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang yang membentuk tim. Orang yang merancang sistem inilah yang disebut Sistem Analis.
  3. Project Manager (Manajer Proyek) : Adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengorganisasi , memilih staf, menyusun anggaran, memberi perintah, merencanakan dan mengontrol suatu proyek. (Meredith, 1998).
  4. Instructor (Instruktur)
  5. Specialist, yang terdiri dari : Data Communication, Database, Security, Quality Assurances, IS Audit, System Software Support, Distributed System, System Integration.

Setiap jenis pekerjaan di atas, kecuali Spesialis memiliki 3 tingkatan, yaitu :
  1. Supervised (terbimibing). Tingkatan awal dengan 0-2 tahun pengalaman, membutuhkan pengawasan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya.
  2. Moderately supervised (madya). Tugas kecil dapat dikerjakan oleh mereka teteapi tetap membutuhkan bimbingan tugas yang lebih besar, 3-5 tahun pengalaman.
  3. Independent/Managing (mandiri). Memulai tugas, tidak membutuhkan bimbingan dalam pelaksanaan tugas.

Sumber :
http://www.pdfqueen.com/html/aHR0cDovL3pha2ktbWF0aC53ZWIudWdtLmFjLmlkL21hdGVtYXRpa2EvZXRpa2FfcHJvZmVzaS9zdGFuZGFyaXNhc2lfZGFuX3NlcnRpZmlrYXNpLnBkZg==

No comments:

Post a Comment